susah … Move On … ( pada kasus cinta ) dan obatnya

Akhirnya setelah 2 taon saya menulis lagi tentang masalah yang behubungan dengan cinta ..

Kali ini tema yang hot dan saat  ini cukup banyak menjadi  bahan pembicaraan dalam perbincangan saya dengan teman – teman akhir – akhir ini.

Sebenernya saya sendiri masih bingung dangan apa maksud dari “move on” itu, yang saya tau se ‘ntu adalah fase dimana kita sudah bisa dan siap untuk melanjutkan proses setelah sebelumnya kita masih terkenang – kenang dengan kehilangan yang kita alami.

Permasalahan susah Move On ini biasanya diawali dengan terjebaknya seseorang atau sepasang atau sekelompok ( dalam kasus cinta bersegi ) dalam sebuah hubungan yang tidak jelas atau bermasalah. Masalahnya kadang bisa bermacam macam, tapi biasanya diawali dengan kata ” beda”.

  • beda prinsip – ( satunya berprinsip beda itu indah – satunya berprinsip sesama jenis itu asyik )
  • beda agama – ( no comment … )
  • beda keyakinan – ( saya yakin suka sama situ,  tapi situnya yakin banget nggak ada feeling apa – apa )
  • beda status – ( satunya status single – satunya status istri orang )
  • beda orientasi – ( satunya berorientasi sex –  satunya berorientasi ke iman’an )
  • dbll – ( dan beda lain – lain )

Perbedaan inilah yang kemudian tidak bisa dikelola dan akhirnya berujung pada sebuah kondisi dimana pisah segan nggak pisah juga nggak mau.
Bisa juga udah pisah  tapi  … tapi …  – udah pisah tapi banyak “tapi” nya*  , yang kemudian berakhir pada ketidak jelasan dalam jangka waktu yang lama.

Nah beberapa waktu yang lalu saya sempat ngobrol dengan teman saya yang dudul si Tika Banget, dia menyadur dari kata sang suami si Rangga yang ber teori

sebuah hubungan kalau sudah mulai nggak baik itu pilihannya cm 2 : bubar atau kompromi. Masalahnya adalah banyak yang nggak mau bubar tapi juga nggak mau kompromi

Bisa benar – bisa juga tidak, tapi dari beberapa pengalaman teman dan pengalaman saya pribadi memang  seperti yang dikata Tika dan Rangga  ‘tu yang sering kejadian dengan banyak pasangan dan pernah saya alami juga.

Lalu sekarang, sesudah baca sampai sejauh ini kan tentu pingin tau apa se obat nya buat bisa move on ( cepet kalau bisa ).
Saya pernah baca se, kalau obat buat move on itu cm ada 3 :

  • ikhlas
  • waktu
  • orang baru

Semoga 3 hal diatas bisa jadi petunjuk buat bisa move on.

My Baby Business …

Seorang guru pernah berkata , membangun sebuah bisnis itu ibaratnya menjaga seorang bayi …

– Baru bisa dilepas stabil sampai dengan umur 5 tahun.
– Harus dijaga, diawasi, dicukupi kebutuhan dan keperluan nya
– Rapuh, rentan terhadap serangan penyakit
– Semua harus segera cepat dan responsif …

Seorang pecinta alam juga pernah membawa hikmah, bahwa membangun sebuah bisnis itu ibarat membuat sebuah api unggun ..

– Bila sudah mulai besar, jangan langsung ditinggal ..
– Dijaga dari terpaan angin dan hujan biar ndak mati

Dari saya sendiri , membangun sebuah bisnis itu ibarat perjuangan di kakus
– Butuh angan
– Butuh ketekunan
– Butuh kesabaran
– Butuh imajinasi
– Butuh “ngeden” –> bahasa Indonesia nya apa yah ??
– Butuh “ngempet’ –> menahan napsu kali ya ??
– Butuh rokok dan blackberry ….

Yah begitulah perspektif kita masing – masing dalam mengembangkan bisnis …
Ada yang mau sumbang saran ??

Little Promo :
buat yang tertarik melihat baby saya … bisa di klik di www.dssync.com

 

Jurus Ji Jay menghadapi kenaikan harga ( Part 1 )

Akhir – akhir ini kita didera dengan kenaikan harga yang gila – gilaan …diawali dengan BBM dan merambat terus ke segala penjuru bahkan BBM lain ( Bahan Berbuat Maksiat dan Mesum ) juga terkena imbasnya ….

Demo terjadi dimana – mana dengan intensitas yang terus bertambah … Demo masak saja yang kali yang berkurang ….

Sempat prihatin juga se dengan kondisi yang terjadi saat ini …
Tetapi sepeti kata orang – orang bijak …

“Lebih baik kita mencari solusi daripada cuma memaki ….”

So so .. Disini saya menemukan beberapa hal yang mungkin kita lewatkan, hal – hal tersebut bisa dibenahi dan niscaya kita akan memperoleh manfaat lebih.

So setelah merenung, membaca, bikin indomi, ngupil dan eek ….
Lahirlah beberapa pemikiran yang mungkin bisa dignakan dalam menghadapi krisis saat ini …

1. B E R H I T U N G ….

Ya , pernahkah kita mencoba berhitung …. Misalkan ….1+1 =2 pernah kan ???
Berhitung tentang berapa pemasukan atau pendapatan kita tiap bulan , minggu, atau harian …
Berhitung pengeluaran apa yang harus kita bayar …
Berhitung pengeluaran apa yang bisa kita hemat …
Berhitung pendapatan apa saja yang bis kita peroleh …

Berapa diantara kita yang pernah melakukan ini hayoo, gawat juga misal kita tidak punya gambaran berapa pendapatan kita secara pasti , padahal pegeluaran kita jalan terus … JALAN TERUS man … Cm napas ajah kan yang masih Gratis sementara ini, mau EEK ajah kadang kudu bayar …

Berhitung ini bermanfaat juga buat mengetahui PETA kekuatan kita, sejauh mana posisi kita dalam rantai sosial, apakah dala kategori “pas – pas’an” – pas butuh mobil ada, pas butuh dugem bisa , pas butuh duit ada .
Atau justru golongan ” berada ” – berada dibawah garis batas kemiskinan + kekurangan dan kesengsaraan …
PETA ini membantu kita buat menyiapkan strategi guna menghadapi kondisi yang ada dan berusaha menggapai yang kita inginkan …

So intinya BERHITUNG adalah awal dari segala awal strategi, banyak yang bilang berhitung itu susah, padahal sebenernya ‘ngk juga.. Cm masalah kebiasaan .. Misalkan kita dengan cepat bisa mengetahui berapa kembalia yang harus kita terima waktu kita beli rokok atau apa …Kita juga bisa dengan cepat menghitung bahwa jumlah istri kita masih satu, puting kita ada 2 atau alis kita masih tetep 2 … Semua karena kita sudah terbiasa …

Next ….

2. R E N C A N A …

Ini salah satu bagian yang cukup penting dan urgent juga …
Pernahkah kita membuat rencana harian ?
Pernahkah kita membuat rencana perjalanan berdasarkan rencana harian kita itu ?
Pernahkah setelah membuat rencana tersebut kita mengevaluasi apakah rencana tersebut sudah efektip dan episien … ?
dan terakhir .. Pada saat malam menjelang tidur ..
Pernahkah kita evaluasi juga berapa dari rencana kita tersebut yang sudah benar benar kita laksanakan ?

Contoh yang paling simple : Rencana Perjalanan Hari Ini ……

* Hari ini saya mau ke mana saja ? ? …. Saya mau ke Toko A , Panti Pijat B, Dukun C , Kampus D, Pacar E ….
* Saya mau naik apa ? ? …. Naik motor aja deh .. and biar ngirit ke Panti Pijat B dan Kampus D bareng temen …

* Nah mau kemana dulu and lewat jalan mana saja yang paling deket dan paling efisien.

Nah kadang dengan rencana – rencana sederhana ini kita bisa lebih menghemat bensin barang 0.5 liter sehari lumayan kan …

Okew biar bertahap coba dulu yang dua ini …. BERHITUNG dan RENCANA awalnya masih susah untuk menerapkan ini, butuh kesabaran dan disiplin untuk menjalankannya .
Tapi bila sudah berhasil kita akan menikmati hasilnya … amin …

Yah sementara ini dulu, semoga cukup membantu, prihatin saja se. Karena apapun yang kita perbuat, entah demo atau sampai menggulingkan pemerintahan ini sekalipun hasilnya tetap akan sama … Harga BBM akan tetap naik demikian juga komoditas yang lainnya .
Karena kondisi dunia sedang seperti itu …
Jumlah manusianya makin banyak sementara jumlah produksi komoditinya tetap bahkan cenderung menurun …

So Ada baiknya kita mulai bijaksana dalam memanfaatkan sumber daya yang ada. Belajar berhemat dan bijaksanan dalam mengeluarkan … 😀

Renungan part 1….

Saya ini adalah pendosa …..dan saya menyadari ,
dan juga sedang merasakan akibat nya …
Saya mencoba belajar dan saya renungkan dan akhirnya saya menenmukan realita yang cukup mengerikan …

Sebuah Dosa akan membawa kepada Dosa lain yang lebih – lebih besar dan parah …..

Percaya lah dan kl kita cukup berani dan bernyali utuk bertanggung jawab … biasanya KERUSAKAN yang dibawa cukup parah …..

Pertanyaan nya kenapa kita tetap saja suka melakukan DOSA – DOSA itu ???

DOSA itu nikmat …. Sensatif ….. Cm dasyat juga efek nya …..

Semua terserah anda ..

5 best to day….

Serius dikit ahh…

Sekarang saya berada pada fase “cape” , cape dengan semua kenakalan yang pernah saya buat…
Cape dengan gelombang hidup saya yang emang saya set berada pada amplitudo super wide, naik turun bak rollercoaster…

Saat ini saya berada pada fase untuk mencoba memperbaiki banyak hal , mencoba lebih tenang dan mengatur ulang semuanya….
Semua pemberontakan dan permainan gila.. coba saya tekan dan masukan hanya sebatas pikiran dan hayalan saja… 😀

Nah salah satu metoda yang saya pakai untuk memulai perbaikan adalah

5 best to day…..

Ini cara yang paling sederhana yang saya buat untuk mencoba mengarahkan hidup saya ke arah yang lebih beradab..

Saya buat list minimal 5 hal baik dan progres yang sudah saya buat hari ini..
Tidak usah yang muluk  muluk , yang sederhana saja juga boleh…
Belajar menghargai hal – hal yang sederhana….

Misal catatan saya untu hari ini :

  1.  Saya bisa boker dengan lancar pagi tadi
  2.  Bersihin kuku
  3.  Cukur rambut pantat
  4.  Belajar Introduction Financial to Bla bla bla…
  5.  Belajar masak empek – empek.. ( saya baru tau kl empek – empek itu dari Sumatra, saya kira dari Aceh … ) Stupidddd
  6. Mengahapal 10 bahaya sering mengkonsumsi alkohol ( hapalin dulu, praktek belakangan.. )
  7. Mengerjakan tugas Introduction to Busines bla bla bla
  8. Berhasil menambah koleksi 10 lick lagi..
  9. Menulis 1 artikel blog lagi…

Nah lumayan kan….. Next time better….
Tiap hari akan menjadi lebih baik ….

Entah kenapa akhir – akhir ini saya yakin kalau saya ditakdirkan jadi orang ganteng… hahahahaha