Jurus Ji Jay menghadapi kenaikan harga ( Part 1 )

Akhir – akhir ini kita didera dengan kenaikan harga yang gila – gilaan …diawali dengan BBM dan merambat terus ke segala penjuru bahkan BBM lain ( Bahan Berbuat Maksiat dan Mesum ) juga terkena imbasnya ….

Demo terjadi dimana – mana dengan intensitas yang terus bertambah … Demo masak saja yang kali yang berkurang ….

Sempat prihatin juga se dengan kondisi yang terjadi saat ini …
Tetapi sepeti kata orang – orang bijak …

“Lebih baik kita mencari solusi daripada cuma memaki ….”

So so .. Disini saya menemukan beberapa hal yang mungkin kita lewatkan, hal – hal tersebut bisa dibenahi dan niscaya kita akan memperoleh manfaat lebih.

So setelah merenung, membaca, bikin indomi, ngupil dan eek ….
Lahirlah beberapa pemikiran yang mungkin bisa dignakan dalam menghadapi krisis saat ini …

1. B E R H I T U N G ….

Ya , pernahkah kita mencoba berhitung …. Misalkan ….1+1 =2 pernah kan ???
Berhitung tentang berapa pemasukan atau pendapatan kita tiap bulan , minggu, atau harian …
Berhitung pengeluaran apa yang harus kita bayar …
Berhitung pengeluaran apa yang bisa kita hemat …
Berhitung pendapatan apa saja yang bis kita peroleh …

Berapa diantara kita yang pernah melakukan ini hayoo, gawat juga misal kita tidak punya gambaran berapa pendapatan kita secara pasti , padahal pegeluaran kita jalan terus … JALAN TERUS man … Cm napas ajah kan yang masih Gratis sementara ini, mau EEK ajah kadang kudu bayar …

Berhitung ini bermanfaat juga buat mengetahui PETA kekuatan kita, sejauh mana posisi kita dalam rantai sosial, apakah dala kategori “pas – pas’an” – pas butuh mobil ada, pas butuh dugem bisa , pas butuh duit ada .
Atau justru golongan ” berada ” – berada dibawah garis batas kemiskinan + kekurangan dan kesengsaraan …
PETA ini membantu kita buat menyiapkan strategi guna menghadapi kondisi yang ada dan berusaha menggapai yang kita inginkan …

So intinya BERHITUNG adalah awal dari segala awal strategi, banyak yang bilang berhitung itu susah, padahal sebenernya ‘ngk juga.. Cm masalah kebiasaan .. Misalkan kita dengan cepat bisa mengetahui berapa kembalia yang harus kita terima waktu kita beli rokok atau apa …Kita juga bisa dengan cepat menghitung bahwa jumlah istri kita masih satu, puting kita ada 2 atau alis kita masih tetep 2 … Semua karena kita sudah terbiasa …

Next ….

2. R E N C A N A …

Ini salah satu bagian yang cukup penting dan urgent juga …
Pernahkah kita membuat rencana harian ?
Pernahkah kita membuat rencana perjalanan berdasarkan rencana harian kita itu ?
Pernahkah setelah membuat rencana tersebut kita mengevaluasi apakah rencana tersebut sudah efektip dan episien … ?
dan terakhir .. Pada saat malam menjelang tidur ..
Pernahkah kita evaluasi juga berapa dari rencana kita tersebut yang sudah benar benar kita laksanakan ?

Contoh yang paling simple : Rencana Perjalanan Hari Ini ……

* Hari ini saya mau ke mana saja ? ? …. Saya mau ke Toko A , Panti Pijat B, Dukun C , Kampus D, Pacar E ….
* Saya mau naik apa ? ? …. Naik motor aja deh .. and biar ngirit ke Panti Pijat B dan Kampus D bareng temen …

* Nah mau kemana dulu and lewat jalan mana saja yang paling deket dan paling efisien.

Nah kadang dengan rencana – rencana sederhana ini kita bisa lebih menghemat bensin barang 0.5 liter sehari lumayan kan …

Okew biar bertahap coba dulu yang dua ini …. BERHITUNG dan RENCANA awalnya masih susah untuk menerapkan ini, butuh kesabaran dan disiplin untuk menjalankannya .
Tapi bila sudah berhasil kita akan menikmati hasilnya … amin …

Yah sementara ini dulu, semoga cukup membantu, prihatin saja se. Karena apapun yang kita perbuat, entah demo atau sampai menggulingkan pemerintahan ini sekalipun hasilnya tetap akan sama … Harga BBM akan tetap naik demikian juga komoditas yang lainnya .
Karena kondisi dunia sedang seperti itu …
Jumlah manusianya makin banyak sementara jumlah produksi komoditinya tetap bahkan cenderung menurun …

So Ada baiknya kita mulai bijaksana dalam memanfaatkan sumber daya yang ada. Belajar berhemat dan bijaksanan dalam mengeluarkan … 😀

One thought on “Jurus Ji Jay menghadapi kenaikan harga ( Part 1 )

  1. hallo yudha..

    hehe, tanya dunk. aku br pake wordpress neh, biasanya blogspot.
    bingung aja, kok insert tag board ga ada yg berhasil yak??

    apa ga kompatible ma wordpress ya? ada saran?

    hehehe………………………………………………..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *